Pada hari rabu tanggal 18 Agustus 2021, Pascasarjana IAIS Sambas kedatangan tamu yang Mulia Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan,S.Pd, adapun tujuan datang ke Pascasarjana IAIS Sambas sekaligus mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Pascasarjana IAIS Sambas untuk melanjutkan studi perkuliahan magister.  Yang Mulia Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan memilih mendaftar melalui ujian seleksi via online jurusan Magister Ekonomi Syariah (S2) pada gelombang ke dua. Sebelum melanjutkan kuliah di IAIS Sambas, YMPR Muhammad Tarhan, pernah berkuliah di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung, menempuh dijurusan Pendidikan Sejarah.

Direktur Pascasarjana IAIS Sambas, Dr. H. Arnadi, M.Pd,  mengatakan terkait pendaftaran kuliah S2 YMPR Muhammad Tarhan di IAIS Sambas merasa senang, karena ini merupakan dukungan moril dan juga dukungan materil, serta akan memberikan pengaruh cukup besar dalam pengembangan Perguruan Tinggi Swasta khususnya di Sambas yang terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia. Selain itu juga dengan adanya YMPR Muhammad Tarhan memberikan dukungan yang  memiliki kharisma.

Yang Mulia Pangeran Ratu Raden Muhammad Tarhan mengatakan, memilih untuk melanjutkan studi di IAIS Sambas. Karena, menurutnya berkuliah di IAIS Sambas itu merupakan tempat perkuliahan di daerah sendiri. “Saya berkuliah di daerah sendiri tak perlu jauh-jauh, karena yang dekat sudah ada,” jelas Pangeran.

Untuk membangun kampus sebagai pusat peradaban masyarakat Sambas merupakan kerja besar yang sangat strategis untuk menentukan arah perjalanan bangsa di masa depan Ini harus merupakan kerja keras dari semua pihak.